Jumat, 01 April 2011

BAHASA PROGRAM

BAHASA PROGRAM RUBY

Ruby merupakan bahasa yang praktis dan cantik. Ruby di ciptakan oleh "Yukihiro Matz Matsumoto". Ia menggabungkan bahasa-bahasa favoritnya, yaitu : Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada dan Lisp, untuk membentuk suatu bahasa program yang seimbang.
Ruby dirilis pertama kali pada tahun 1995.

Dan pada tahun 2006, Ruby diterima banyak orang. Ruby juga di anggap sebagai bahasa yang fleksibel, karena Ruby bisa di ubah-ubah dengan bebas. Di dalam bahasa program, Ruby tidak pernah membatasi programmernya. Ruby jarang menggunakan tanda baca, dan biasanya menggunakan keyword dalam bahasa inggris.

BAHASA PROGRAM PERL

Perl adalah bahasa program untuk segala keperluan. Ia dikembangkan pertama kali oleh "Larry Wall" di mesin Unix. Perl pertama kali dirilis pada tanggal 18 Desember 1987. Perl juga tersedia untuk sistem operasi seperti : DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, dan lain sebagainya.

Perl mempunyai 2 karakteristik yaitu penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan umum. Perl merupakan kepanjangan dari Practical Extration and Reporting Language.

BAHASA PROGRAM C

Bahasa pemprograman C adalah salah satu bahasa pemprograman di dalam komputer. Ia ditemukan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1972 di Bell Telephone Laboratories. Bahasa ini juga sering di gunakan untuk mengembangkan software aplikasi. Bahasa C sering di gunakan untuk membuat file-file yang menyimpam fungsi-fungsi tertentu.

Ini semua karena C bisa di kompile menjadi bahasa mesin yang sangat kecil ukurannya.
C dapat mempengaruhi bahasa program yang lain, seperti C++ yang merupakan estensidari C. Di dalam bahasa C, ada 3 konstruksi dasar pengulangan, yaitu: while, do-while, dan for. Bahasa C juga menjadi inspirasi bagi bahasa program lainnya, seperti : C++, C#, JAVA dan PHP.

BAHASA PROGRAM C# (C SHARP)

C# (dibaca : C Sharp) merupakan salah satu bahasa program yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa program ini bi buat dengan berbasiskan bahasa C++. Menurut ECMA, tujuan bahasa C# adalah sebagai berikut :
1. Bahasa pemprograman C# dibuat sebagai bahasa pemprograman yang bersifat sederhana, modern dan berorientasi objek.
2. C# ditujukan agar cocok di gunakan untuk menulis aplikasi.
3. Di gunakan untuk bersaing secara langsung dengan menggunakan bahasa pemprograman C dan bahasa rakitan.

BAHASA PROGRAM PASCAL

Pascal adalah bahasa program yang di buat oleh Profesor Niklaus Wirth. Ia membuat pascal sebagai alat bantu untuk mengerjakan konsep pemprograman kepada mahasiswanya. Pascal memiliki kelebihan-kelebihan, antara lain :
1. Sederhana dan ekspresif
2. Terstruktur
3. Tipe data standart seperti boolen, integer, string, real dan char.
Bahasa program pascal juga digunakan bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (OKI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages